Cara Mudah Setting MIDI di REAPER [Bonus VSTi Gratis]

MIDI merupakan teknologi yang sangat membantu para musisi home recording. Bagaimana tidak, kita ada ide lagu tapi seringkali tidak bisa terekam karena keterbatasan alat. Drum berharga belasan juta, belum saxophone yang susah mainnya, atau gamelan yang tidak ada notasinya. Semua masalah itu sekarang sudah hilang teratasi dengan adanya VSTi dan MIDI. So, bagaimana cara setting MIDI dalam REAPER? Bisa ga sih kita menggunakan keyboard yang ada di rumah untuk menginput MIDI? Semuanya akan kita bahas di sini.

Bisa Control MIDI dari Keyboard/Electone?

Tentu bisa! Setiap keyboard elektronik sekarang ini mendapatkan fitur standar koneksi USB type-A seperti yang kita temui di belakang printer. Untuk koneksinya sangat mudah, kita cukup memasang kabel USB printer biasa ke belakang keyboard dan dikoneksi ke laptop.
USB input di Roland dari samping
USB input KORG pojok kiri atas

USB input YAMAHA ke 2 dari kiri
Gunakan kabel seperti ini

Setelah itu install driver yang sesuai dengan tipe keyboard yang kita punya. Download di website resmi ya, tanya mbah google kalau bingung. Coba dulu beberapa link berikut:


SETUP MIDI DI REAPER

Setelah terinstal dan terpasang dari Keyboard ke Computer, sekarang saatnya kita masuk REAPER untuk mengatur setting.

Tekan Ctrl-P untuk masuk ke setting jendela setting REAPER. Masuk ke Device > MIDI Device
Dari situ akan muncul nama keyboard kita di kotak atas > klik kanan > centrang 2 Enable input seperti di gambar.
Andaikan tidak muncul nama keyboardnya bisa kita masukkan lewat Add Joystick MIDI..

Setelah itu buat track instrument baru di REAPER dengan klik kanan >> Insert virtual instrument on new track...

 Akan muncul jendela FX VSTi, pilih saja ReaSynth bawaan REAPER.
Jika tidak ada VSTi lain, gunakan reasynth
Tekan tombol di piano/electone maka akan muncul sinyal MIDI berwarna kuning. Itu tandanya kamu sudah berhasil menginstall MIDI Controller dari keyboardmu. Selamat!
pastikan sinyal kuning MIDI menyala
Sinyal merah menunjukkan audio menyala. Jika belum bunyi pastikan tombol merah bulat itu sudah ditekan aktif menyala. Pastikan juga audio drivermu benar ke soundcard dan sound monitor yang digunakan.

Mau VSTi gratis?

VSTi bawaan REAPER sangatlah sederhana dan bisa dibilang sangat kurang untuk memulai produksi musik. Kalau ingin berkarya lebih tentunya kita membutuhkan VSTi yang lebih lengkap lagi. Di antaranya adalah:

1. MT Power Drum Kit 2

Drum tentunya merupakan alat vital untuk produksi musik. Tenang saja sudah ada VSTi drum gratis dengan suara yang cukup bagus dilengkapi dengan pola permainan MIDI yang cukup lengkap dan banyak.


Kalau dirasa kurang bagus, ada midi drum keren yang layak digunakan di proyek lagu rekaman serius. Steven Slate memberi kita 3 kit drum yang sangat realistik dan detail.

SynthMaster adalah salah satu synth profesional dengan kualitas suara yang mengagumkan. Harga full version adalah 99$ . Cukup mahal namun untungnya, ada versi gratisnya dengan 550 pilihan suara. Sangat cukup untuk membuat lagu.
LINK DOWNLOAD SYNTHMASTER FREE
Meskipun gratis, VSTi ini menawarkan komponen lengkap orkestra 14 violins, 10 Violas, 8 Cellos and 6 Double Basses. Dengan plugin 200MB ini kamu bisa menciptakan orkestra megah dengan suara realistik. Sangat ringan dan mudah digunakan.
LINK DOWNLOAD ORCHESTRAL STRINGS
Ample Sound menydiakan bass dan gitar gratis yang bisa digunakan untuk full production MIDI. Gratis dan tentunya sangat realistik.
6. Koleksi Lengkap LABS SPITFIRE VSTI
Mau lebih lengkap dengan semua pilihan? Gunakan saja LABS dari Spitfire. Segalanya ada di sini. Strings, drums, mandolin, piano, dan masih banyak lagi. Pastikan saja ada akses internet kencang dan hardisk kosong untuk mendapatkannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages