Buku Recording Mixing Mastering Wajib Baca [Download]

Sementara ini untuk posting video belum bisa diupdate karena admin barusan mendapatkan musibah sehingga kurang bisa bekerja maksimal. Doain yah, admin cepet sembuh, hehehehe... Yang pasti, kali ini kita akan membahas buku referensi mixing yang pasti sangat bermanfaat buat  nambah wawasan seputar audio engineering, mixing, recording, dan lain-lain.

Buku ini kebanyakan berbahasa inggris karena memang sedikit atau bahkan belum ada penulis indonesia yang tertarik menulis dalam masalah ini. Ada sih seperti Mas Agus Hardiman pemilik sekolah audio ArtSonica. Bukunya bisa diorder di sini.

Nah langsung aja masuk ke judul-judulnya:

1. The Art of Mixing: A Visual Guide to Recording Engineering and Production  [David Gibson]

Ini adalah buku legendaris yang pertama kali membahas mixing, tepatnya tahun 1997. Di sini dijelaskan konsep mixing secara visual dengan 3 istilah: height, width, dan depth. Tentunya konsep ini bisa diterapkan di semua jenis mixin, baik analog dengan console, digital, hybrid dan dengan jenis DAW dan plugin apapun. Kalau males baca ada juga versi videonya di bawah ini.
link download di bawah


2.  Mixing Secrets for The Small Studio 2nd Edition [Mike Senior]


Ditulis oleh wartawan senior majalah audio terkenal Sound on Sound's Magazine, menjadikan buku ini salah satu best seller dalam dunia mixing sekalipun baru dirilis tahun 2011. Mike Senior berusaha keras untuk mewancarai lebih dari 20 audio engineer ternama sekelas Tony Maserati, Dave Pensado, dan Chuck Ainlay. Darinya didapatlah trik dan sudut pandang konsep mixing secara umum. Uniknya penyajiannya dikemas untuk kebutuhan home studio. Dengan bahasa yang lugas dan mendetail kita bisa memahaminya tanpa peru lulus TOEFL terlebih dahulu.
link download di bawah

3. The Mixing Engineer's Handbook 4th Edition [Bobby Owsinski]

Hampir mirip dengan Mike Senior, Bobby Wosinski merupakan penulis audio yang cukup aktif berkarya. Pendekatannya pun sama, mewancarai banyak mixing engineer dengan topik kontroversial yang serupa. Uniknya, di setiap revisi jumlah interview semakin banyak, lebih dari 40 tokoh (!), dan semakin banyak hal baru yang diungkap. Bahasanya pun sederhana dan tepat sasaran.
link download di bawah

4. The Recording Engineer's Handbook 4th Edition [Bobby Owsinski]

Masih dengan penulis yang sama, kita diajak mengenal jenis microphone beserta dengan karakter dan merek legendaris yang sudah teruji. Teknik merekam per instrumen pun dibahas dengan detail, dari miking vokal, drum, gitar amp, sampai perkusi dan instrumen orkestra. Dan pastinya ditutup dengan interview dari engineer terkenal yang bermurah hati membagikan tipsnya dalam recording.
link download di bawah

4. The Mastering Engineer's Handbook 4th Edition [Bobby Owsinski]

 Mastering merupakan proses krusial yang tidak sembarang orang mampu melakukannya dengan alat seadanya. Studio berkualitas dibarengi dengan SDM yang mumpuni mutlak dibutuhkan dalam proses final ini. Tapi Bobby sekali lagi mampu menjelaskannya dengan gamblang sehingga kita pun bisa melakukan mastering sendiri di rumah.
link download di bawah

Bonus: Bobby Owsinski menulis buku keren yang berguna untuk mempromosikan karya musik kita yang telah susah payah dibuat dalam platform sosial media. Buku ini bertajuk Social Media Promotion For Musicians. link download di bawah

5. Modern Recording Techniques 9th Edition [David Miles]

Buku komprehensif dalam masalah teknik merekam audio berkualitas tinggi yang sangat sarat dengan tips dan trik untuk home studio. Tidak hanya audio, namun juga meliputi record MIDI dan sampling secara modern. Wajib dibaca untuk mendapatkan audio mentah yang prima.
link download di bawah

6. Mixing Audio: Concepts, Practice, and Tools [Roey Izhaki]

 
Buku praktis dalam dunia mixing yang menjawab semua problem fixing saat audio processing. Semua dicover dengan singkat dan sederhana sehingga sangat mudah dipahami meskipun oleh pemula dalam dunia mixing. Tepat bagi setiap pemilik home studio.
link download di bawah

7. Music Theory for Computer Musicians [Michael Hewitt]

Sekarang ini banyak musisi hanya dengan bermodalkan laptop bisa menghasilkan track profesional. Untuk mencapainya diperlukan pendekatan komputasi yang perlu dikuasai. Mode digital tentunya memiliki metode yang sangat berbeda dengan rekaman analog. Buku ini mengupasnya dengan tuntas tanpa meninggalkan setitik pun.
link download di bawah

8. Mastering Audio: the art and the science [Bob Katz]

Bob Katz, mastering engineer legendaris membagikan rahasia dari mastering baik dari segi seni yang tidak terukur maupun dari segi teknikal yang sarat dengan pakem dan aturan teknis. Buku ini merupakan hasil dari jumlah pengalaman dan penerapan yang didapatnya selama bertahun-tahun menangani mastering beragam rekaman legendaris.
link download di bawah
Sebagai bonus, Bob Katz membagikan resep rahasianya yang manjur dalam mastering dengan bentuk buku tipis yang sangat ringkas dengan judul The Secret of the Mastering Engineer.
link download di bawah
Satu lagi, karya dari sang legenda mastering ini, membuat buku baru tahun 2019 cara mastering untuk medium streaming semacam iTunes Spotify dan seterusnya, yakni buku berjudul iTunes Music: Mastering High Resolution Audio Delivery Produce Great Sounding Music with Mastered for iTunes
link download di bawah

9. Zen and Art Of Mixing [Mixerman]

Kebanyakan buku mixing menekankan proses mixing pada teknik dan langkah kerja. Tapi sangat sedikit yan membahas aspek seni dan proses kreatif di dalamnya. Kali ini Mixerman (nama orang lo ya) membeberkan sisi yang terlupakan dalam mixing di dalam bukunya Zen and Art of Mixing.
link download di bawah

10. Mixing with Your Mind [Paul Stavrou]

Paul sering menjadi andalan banyak artis saat kualitas yang diutamakan. Ia mengungkap banyak hal penting yang sering dilewati produser musik saat rekaman. Slogan terkenalnya adalah Minimum Voltage Maximum Illusion. Dimana ia mengungkap pentingnya peletakan mic untuk menangkap energi maksimal sebuah suara. Beserta segudang trik lain yang menggunakan indera di tubuh kita dengan hasil maksimal. Buku ini akan mengubah hasil mixingmu naik level di luar perkiraanmu.

link download di bawah

11. Your Mix Sucks [Marc Mozart]

Buku besutan Marc Mozart ini adalah salah satu buku wajib dibaca bagi mixing engineer serius yang ingin menaikkan levelnya ke tingkat lanjut dengan murah dan mudah.  Di dalamnya banyak sekali tips bermanfaat: tips ngatur akustik ruangan modal murah, tips pake compressor, tips arsip proyek yang sudah jadi agar tidak penuhin hardisk, cara dapat vokal the best tanpa menyiksa vokalis, dan banyaak lagi. RECOMMENDED!
link download di bawah

LINK DONLOT

NOTE: jika ada beberapa buku tidak bisa dibuka karena berformat .epub atau .mobi, install dulu software e-book reader Calibre untuk bisa membukanya. Bisa juga menginstall SumatraPDF Reader.
Itulah sekilas beberapa buku yang layak dibaca untuk menambah wawasan audio engineering kita. Sebenarnya masih banyak buku mixing lain yang tentunya akan kita bagikan di kesempatan mendatang. Tapi yang pasti, untuk maju kita tidak cukup dengan banyak berteori. Semuanya akan menjadi lebih paham dan bermanfaat dengan memperbanyak PRAKTEK mixing.

HAPPY READING....!

8 komentar:

  1. Gan, itu buku ny bahasa bule / Indonesia ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya bahasa inggris. Yang Indonesia ada tapi sangat sedikit. Salah satunya bisa di cek di https://www.tokopedia.com/artsonica/etalase/buku

      Hapus
  2. sangat membantu sekali mass...thanks sharean nya

    BalasHapus
  3. Thx bgt mas.. kalo bisa di perbanyak mas ebook ebooknya..buat menambah qualitas hasil musik musisi indonesia..
    Banyak tuh mas di amazone ebook ebook yg yahud..

    BalasHapus
  4. thank you gann..izin sedot ya mas agan ganteng

    BalasHapus
  5. Terimakasih .wajib kita saling berbagi untuk kemajuan bangsa Indonesia

    BalasHapus
  6. Terima kasih admin Rekamlagu.id
    Rejekinya lancar jaya Aamiin

    BalasHapus

Pages