EDITING: Live-Record Drum Tracks

Seringkali drummer grogi atau kurang menguasai lagu dan kurang latihan ketika rekaman sehingga selalu salah dalam mengikuti ketukan tempo. Sudah berulangkali diulang, tetap salah. Bagaimana solusinya?

Tenang, REAPER merupakan DAW yang unggul dengan fitur Quantize-nya yang memungkinkan kita edit track drum dari Live-Record hanya dalam 10 menit!

Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka proyek dengan drum track mentahnya. Lalu buat track baru (Ctrl+T) dan seret ke atas semua track drum yang ada.


2. Beri nama track baru tadi dengan "DRUM-TRACKS". Lalu pilih semua track drum dan seret ke arah track baru tadi sehingga muncul garis biru. Garis biru itu ada yang panjang ada yang pendek. Pilih yang pendek dengan cara menahan dragnya ke tengah track baru tadi.

3. Track baru itu sekarang berstatus folder. Lalu, klik tombol Solo pada folder DRUM-TRACKS, juga pada track Kick-drum dan Snare-drum.


4. Klik kanan pada folder DRUM-TRACKS dan pilih Render/Freeze Tracks lalu Render tracks to mono stem tracks (and mute originals)


5. Maka akan muncul track baru bernama track DRUM-TRACKS - stem. Pindahlah ke tepat di bawah folder DRUM-TRACKS.


6. Pilih semua items/gambar audio dari semua track drum dan tekan G (untuk Grouping). Akan muncul icon rantai nantinya


8. Perbesar track drum stem tadi dan pilih itemnya. Lalu tekan huruf D.  Atur seperti di gambar berikut. (Centrang When gate opens; Biarkan When gate closes;  Pilih Replace stretch markers in selected items and add to grouped items)



9. Klik Set Transient Sensitivity dan atur Threshold. Pastikan gelombang terkecil dari senar dan kick masuk jangkauan threshold (menyentuh/di luar garis). Cek semua gelombang hingga akhir lagu. Setelah itu, keluar dan klik Split


10. Setelah itu, muncullah tanda stretch marker berwarna biru dengan icon wajik. Buka setting snap dengan klik kanan pada ikon magnet. Atur Grid snap spacing ke 1/16 (bisa diubah ke 1/32 atau 1/64; angka penyebutnya semakin banyak jika permainan drumnya semakin rapat)



11. Klik kanan di atas stretch markers dan klik Stretch markers dan pilih Snap stretch markers to grid

12. Selesai! Dijamin deh permainan drumnya bakalan perfect tanpa ada miss hanya dalam waktu kurang dari 5 menit! Namun jika didengar masih ada salah, silahkan edit secara manual dengan menggeser garis stretch marker ke kanan/kiri hingga sesuai dengan ketukan yang diinginkan. Biasanya ditemukan kejanggalan di solo drum/variasi dan fill.
Jika ada tom/hi-hat/cymbal yang belum beres klik pada gelombangnya dan tekan Shift+W untuk menambah stretch marker. Lalu, atur dengan drag kanan-kiri.
Good Luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages